Monday, January 26, 2009

Proyek Kabel Bawah Laut Google Menembus Asia Tenggara

Di bulan Februari, Google mengaku bekerja sama dengan lima perusahaan Asia untuk membangun kabel jaringan bawah laut yang menghubungkan Amerika ke Jepang dan kini tengah mempersiapkan satu lagi jaringan bawah laut yang akan rencananya menghubungkan Jepang ke Guam, Hong Kong, Filipina, Thailand dan Singapura. Lihat peta di bawah ini.


proyek kabel bawah laut google














Proyek ini dinamakan Southeast Asia Japan Cable (SJC) yang bertujuan untuk menghubungkan jaringan baru ini dengan kabel "Unity" . Google dan konsorsiumnya menargetkan untuk merampungkan Unity di tahun 2010, dan SJC satu tahun setelah itu.

Selain itu, Google berniat membangun jaringan kabel bawah laut ketiga ke Afrika Selatan, Google mengatakan bahwa mereka "tidak bersaing dengan penyedia jaringan telekom, akan tetapi data yang perlu di kirim oleh Google ke seluruh dunia telah mencapai titik di mana penyedia jaringan tradisional sudah tidak mencukupi lagi". (The Register)

Dengan adanya jalur komunikasi privat, Google merencanakan akan mempercepat akses pengguna dari seluruh dunia ke servicenya . Walaupun kita yang ada di Indonesia secara otomatis diarahkan ke google.co.id, servernya tetap saja berlokasi di Amerika Serikat bukan di Indonesia.

Semakin cepat Google dapat mengirimkan datanya ke kita, semakin responsif pula service Google yang kita pakai. Untuk search Google yang sangat ringan mungkin tidak akan berdampak besar, akan tetapi bila Google memiliki pusat data lokal untuk menyajikan YouTube, GMail, Google Docs,maka akan membebani Google.

Google memang berambisi menggulingkan dominasi Microsoft di desktop dengan meluncurkan aplikasi office-nya sendiri dalam bentuk GMail (Outlook) dan Google Docs (Word, Excel, PowerPoint) yang berbasis web, dan membuat jaringan kabel bawah laut ke Asia juga merupakan ambisi Google ini. Dengan peningkatan kinerja JavaScript browser, ga lama lagi aplikasi berbasis web akan dapat beroperasi di desktop.

Kini masalahnya adalah bagaimana cara Google untuk mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk membuka aplikasi web google — jika kecepatan semakin cepat , semakin cepat juga aplikasi web akan mulai operasional. Maka membuka web sperti membuka aplikasi di desktop kitya saja, saat ini kecepatan masih sekitar 10 detik

Penduduk indonesia sangat besar dan sekarang sedang haus akan informasi dan tenologi,sudah banyak pula aplikasi yang berbasiskan IT yang sedang di kembangkan di indonesia, kita tunggu aja google menjejakkan kaki nya di indonesia. Untuk sementara waktu kita harus puas dengan jaringan Google yang mencapai di Singapura di tahun 2011 nanti.

No comments:

Post a Comment

Feedage Grade B rated
Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Ping in TotalPing.com
Preview on Feedage: perkutut-amak Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki